Cara Jualan Online yang Akan Bikin Dagangan Ludes!

Cara Jualan Online yang Akan Bikin Dagangan Ludes!

Kamu seorang penjual online dan sedang mencari cara jualan online agar produkmu cepat laku? Di era seperti ini para penjual beramai – ramai terjun dan mencoba menjual berbagai dagangan melalui jalur online.

Semakin banyak jumlah penjual, maka persaingan antar toko juga akan semakin meningkat. Oleh karena itu, kamu sebagai pemula perlu melakukan sesuatu yang unik dan berbeda agar jualan kamu tetap laku di tengah ketatnya persaingan.

Nah, pada artikel ini terdapat beberapa cara jualan online yang bisa diterapkan pada bisnis online kamu.

Cara Jualan Online Laris Manis di Tahun 2022
Ingin jualanmu laris dan mendapatkan banyak orderan tiap harinya? Jika iya, ikuti cara jualan online di bawah ini agar jualanmu selalu ludes Tips Jualan Online Laris dan Banyak Pelanggannya .

1. Cari Tahu Unique Selling Points
Untuk kamu yang belum tahu istilah ini, unique selling points (USP) adalah nilai jual produk atau keunikan dari produk yang kamu jual. Intinya, USP adalah hal yang membedakan produk kamu dari produk lain yang ada di pasaran.

Ada berbagai macam kelebihan yang umumnya ditawarkan, seperti: harga yang murah, desain elegan, tahan lama, garansi panjang, dan sebagainya. Kelebihan tersebut hampir selalu dimiliki oleh brand besar.

Namun hal unik apa yang dimiliki bisnis kamu dan tidak dimiliki kompetitor lain? Itulah yang harus kamu cari. Berikut beberapa contoh USP milik produk ternama, diantaranya seperti.

Starbucks: memiliki berbagai varian kopi dengan kualitas premium.
Domino’s Pizza: bisa mendapatkan pizza gratis jika tidak sampai dalam 30 menit.
TOMS Shoes: memberikan sepasang sepatu bagi anak yang tidak mampu setiap pembelian satu pasang.
Dan masih banyak contoh yang lain. Jadi, sekarang giliran kamu menemukan nilai unik pada produk, sehingga bisa membedakan dari yang lain Bisnis jualan online .

Dengan memiliki USP, maka pelanggan akan lebih mudah ingat dan aware pada produk kamu.

2. Miliki Website Toko Online Sendiri
Cara jualan online memang bisa dilakukan lewat marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, atau justru di sosial media seperti WhatsApp, Instagram shopping, TikTok Shop, dan yang lainnya.

Marketplace tersebut memang sangat memudahkan para penjual, kamu bisa langsung upload foto produk, membuat deskripsi dan langsung menjualnya. Namun, memiliki website toko online sendiri akan lebih baik untuk kemajuan bisnis online kamu.

Mungkin banyak dari kamu yang berpikir jika membuat website sendiri itu sulit, mulai dari setting layout, tema dan masih banyak lagi. Tapi justru dari situlah kamu bisa membangun website sesuai branding bisnis kamu, contohnya seperti gambar berikut.

Layout Website Toko Online

Selain itu ketika membuat website toko online sendiri, kamu akan sepenuhnya memegang kendali atas toko tersebut. Mulai dari data penjualan hingga data kontak pembeli.

Bahkan kamu juga bisa mendapat data terkait trend bisnis yang saat itu diminati para pelanggan. Data tersebut nantinya bisa digunakan ketika promosi.

Banyak pengusaha pemula berpikir bahwa cara membuat website toko online itu sulit. Padahal, kamu dapat membuat toko online dengan biaya mulai dari Rp99 ribu per bulan dengan Dewastore.

Penasaran? Buruan cek Dewastore untuk buat toko online kamu sendiri!

Baca Juga: Tips Memilih Nama Toko Online dan Contoh Nama Olshop yang Bagus

3. Mempelajari Data
Sebagai pemilik bisnis dan menjualkan barang secara online, kamu tidak hanya dituntut untuk pintar dalam menjual produk tetapi juga paham dalam membaca data.

Data adalah salah satu faktor penting dalam bisnis, tanpa bantuan data produk atau brand ternama tidak akan sebesar sekarang.

Lalu data seperti apa yang dimaksud di sini dan harus kamu pelajari? Yaitu data terkait penjualan dan data promosi produk.

Data penjualan, data ini bisa kamu dapatkan di fitur report pada CMS yang kamu gunakan. Laporan tersebut berisikan data seperti produk yang paling laris, kapan produk ramai, kapan penjualan menurun dan masih banyak lagi.

Dari data tersebut, kamu bisa mempelajari lebih lanjut dan meriset kembali kebutuhan pelanggan. Sehingga kamu bisa merilis produk baru yang relate dengan kebutuhan saat ini.

Data promosi, untuk data ini bisa kamu dapat dari Google Analytics dan Google Tag Manager. Jika kamu belum punya maka bisa memasangnya terlebih dulu.

Lewat hasil analisa Google, kamu bisa melihat performa website toko online kamu, mendapatkan data seperti tempat tinggal pelanggan, laki – laki atau perempuan yang paling sering membeli produk hingga halaman website yang sering dikunjungi.

Data tersebut dapat membantu dalam memperbaiki strategi marketing bisnis dan meningkatkan performa website.

Baca Juga: Panduan Lengkap Memasang Google Analytics di Website WordPress

4. Aktif di Media Sosial
Website saja tidaklah cukup, ada channel lain yang harus dikembangkan untuk membantu jualan online agar laku yaitu media sosial.

Sampai saat ini sosial media masih menjadi platform populer untuk mempromosikan produk. Apalagi dengan ramainya penggunaan TikTok saat ini, memberikan peluang besar untuk berpromosi.

Sosial media ibarat awal untuk mendapatkan pelanggan. Awalnya mereka hanya iseng untuk mencari tahu produk dan lama kelamaan jika tertarik maka akan mengunjungi website toko online kamu.

Dengan demikian, maka sudah seharusnya kamu aktif juga di media sosial. Salah satunya yaitu membuat konten yang menunjang produk kamu, kegiatan ini juga disebut sebagai social media marketing.

Kamu juga dapat berinteraksi dengan pelanggan agar akun sosmed kamu lebih aktif lagi, diantaranya seperti.

Menanyakan pendapat audiens
Membalas komentar
Melakukan Q&A
Melakukan live streaming agar bisa mengobrol langsung dan yang lainnya.
Selain itu, sosial media brand yang aktif cenderung dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Berbeda jika sosmed tersebut tidak aktif, maka pelanggan akan mempertanyakan hal tersebut.

5. Buat Deskripsi Produk yang Unik
Ketika menjual produk baik itu di marketplace, media sosial ataupun web toko online, kamu wajib menyertakan deskripsi produknya.

Deskripsi produk yang unik dan menarik tentu akan membuat pelanggan tertarik untuk membeli. Teknik ini biasa disebut copywriting, yaitu membuat kalimat seefektif mungkin yang bersifat persuasif dan mengajak pelanggan untuk membeli.

cara jualan online – deskripsi produk-min

Itulah mengapa teknik copywriting sangat dicari oleh para pemilik bisnis saat ini, karena kemampuannya yang ampuh dalam strategi marketing.

Maka dari itu, kamu bisa coba belajar dan membuat kalimat deskripsi produk dari contoh copywriting.

Ada berbagai jenis copywriting pada contoh tersebut, kamu bisa pilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Semakin baik copy kamu maka pelanggan akan semakin terbawa sisi emosionalnya dan akhirnya akan melakukan checkout produk tersebut.

6. Gunakan Strategi Content Marketing
Content marketing adalah teknik promosi produk yang mengandalkan pada pembuatan konten. Konten yang dibuat tidak sembarangan, kamu harus tetap membuat yang relevan, bermanfaat atau memberi insight baru pada pelanggan.

Contoh konten yang bisa dibuat diantaranya seperti blog, konten Instagram, video, ebook dan masih banyak lagi.

Konten yang paling mudah ditemukan adalah blog atau artikel di sebuah website. Kamu bisa membuat blog pada website dan kontennya masih relevan dengan produk.

Selain itu, dalam membuat artikel juga tidak boleh asal, jika ingin konten kamu ditemukan para pelanggan maka kamu harus membuat artikel SEO friendly.

Dengan menerapkan teknik SEO, maka konten blog kamu bisa muncul di pencarian atas Google. Sehingga pembaca akan lebih menemukan dan berpeluang besar untuk lanjut mencari tahu tentang produknya.

Baca Juga: Manfaat SEO untuk Website dan Bisnis Online Kamu

7. Coba Paid Ads
Tips cara jualan online selanjutnya yaitu menggunakan iklan berbayar atau paid ads. Baik itu Google Ads maupun sosial media ads.

Apabila dengan tips sebelumnya masih belum menunjukkan peningkatan apapun, dan kamu memiliki budget lebih, maka kamu bisa mencoba membuat iklan berbayar.

Secara umum, konsep paid ads ini adalah membuat campaign. Di sana kamu bisa membuat iklan sendiri dan mengatur banyak hal seperti tujuan iklan, target yang mendapat iklan, biaya iklan tiap harinya dan masih banyak lagi.

Meskipun terkesan mahal karena harus bayar, namun dengan paid ads kamu dapat menjangkau audiens secara tepat sasaran. Karena sebelumnya kamu sudah menarget audiens nya terlebih dulu.

Apabila kamu tertarik menggunakan metode ini, kamu bisa membaca panduan iklan Google Ads, iklan Facebook, Instagram ads atau panduan iklan TikTok ads.

Leave a Reply

Your email address will not be published.